Profil

Pondok Pesantren Ulumuddin Susukan Cirebon adalah lembaga pendidikan yang Dirintis sejak 1967, oleh (Alm) KH. Bunyamin dan KH. Ali Murtadho Lc. MA dengan sistem kurikulum yang terpadu, pendidikan berasrama serta pengajaran bahasa Arab, Inggris secara intensif, kajian kitab turats dan tahfidzul Quran.

Pondok Pesantren Ulumuddin Susukan terletak di Jalan KH Bunyamin No. 3 kecamatan susukan Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Pondok Pesantren Ulumuddin Susukan berupaya untuk mencetak generasi Qurani berwawasan islam dan berakhlaq karimah untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa, selalu mengupayakan terciptanya pendidikan santri yang memiliki jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, dan berperilaku atas dasar Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

Di Pondok Pesantren Ulumuddin Susukan, pengelolaan pendidikan dan pengajaran serta kegiatan santri sehari-hari dilaksanakan oleh para guru/ustadz dengan latar belakang pendidikan dari berbagai perguruan tinggi dan pesantren modern, yang sebagian besar tinggal di asrama dan secara penuh mengawasi serta membimbing santri dalam proses kegiatan belajar mengajar dan kepengasuhan santri.

Seiring berjalannya waktu, Pondok Pesantren Ulumuddin Susukan dengan keikhlasan dan idealisme para pendirinya, lembaga ini terus berkembang, hingga saat ini memiliki 9 lembaga (TK, TPA, MD, SD, SMP, SMA, SMK, MTS, MA) dengan Akreditas A (sangat baik) oleh Diknas.

Dengan usaha selalu meningkatkan mutu pendidikan, pembangunan fisik, pengembangan dana dan mempersiapkan para kader untuk kemajuan jangka panjang lembaga pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Visi, Misi dan Pola Dasar Pendidikan:

Visi: Mencetak generasi Qurani bersawasan islami dan berAkhlaqul Karimah untuk menjadi kader pemimpin umat/bangsa

Misi: Mendidik kader-kader umat dan bangsa yang bermanfaat dan menebar kebaikan di kalangan masyarakat, sebagai mundzirul Kaum yang bijaksana.

Sumber Daya manusia (SDM):

Pondok Pesantren Ulumuddin Susukan merupakan lembaga pendidikan ber-asrama, semua santri yang menuntut ilmu di lembaga ini diwajibkan untuk menetap di dalam asrama dengan pengawasan 24 jam.

Dengan pola pendidikan yang diterapkan, lembaga ini memerlukan sumber daya manusia yang tepat guna dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar maupun pengawasan para santri di lingkungan asrama.

Tenaga pengajar tersebut disyaratkan sehat jasmani dan rohani, dan berakhlaqul karimah, sehingga lembaga ini dapat memberikan standarisasi pelayanan dan standarisasi pola dasar pendidikan kepada para santri. untuk menunjang kegiatan santri dan mencetak santri yang rabbani, pondok pesantren ulumuddin susukan cirebon menyiapkan tenaga pengajar lulusan S1, S2 & S3 baik dari perguruan dalam dan luar negri (madinah, malaysia, yaman, mesir, pakistan, mekkah) dengan rincian sebagai berikut:

  1. KH. Ali Murtadho. Lc. MA lulusan UIM madinah dan UII islamabad pakistan (jurusan Hadist)
  2. KH. Abdullah zaini Lc. MTh,I lulusan UIM madinah jurusan alquran dan UIN surabaya
  3. Dr. Amin Mujahid Lc. MA lulusan UIM madinah jurusan hukum islam
  4. Ustadz Akram. Lc lulusan UII islam abad jurusan syariah
  5. Dr. Faiz Dahlan. MA lulusan UNINUS bandung jurusan syariah
  6. Dra. Hj Mas`udah Mahmudi S.pd. hafidzah lulusan IIQ jakarta jurusan Alquran.
  7. Ustadzah Laili maulidatus saadah S.Kom Lulusan UIN jogja dan bersanad halaqah masjid nabawi madinah.
  8. Ustadzah Dewi farwah. M. Psi hafidzah lulusan UIN jakarta & UNISBA bandung.
  9. Ustadz muhammad nafi almadani. S.Q alhafidz lulusan PTIQ jurusan alquran
  10. ustadzah Nafadz Nabila. S.H hafidzah lulusan IIQ jakarta jurusan hukum.
  11. Ustadz Muhammad Nayif. alhafidz bersanad dari wadi mubarak
  12. Ustadz Ahmad Fikri Al-hafidz bersanad dari wadi mubarak
  13. dan guru-guru lain nya

Pondok Pesantren Ulumuddin Susukan juga melaksanakan penyegaran untuk selalu meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran, baik berupa fasilitas pendidikan hingga tingkat kesarjanaan maupun dalam bentuk pelatihan jangka pendek atau berupa kunjungan ke lembaga-lembaga pendidikan lain guna memberikan masukan terhadap kemajuan lembaga pesantren.

Fasilitas Pesantren

Untuk memenuhi serta mendukung berbagai kegiatan, baik untuk kebutuhan belajar mengajar, kehidupan sehari-hari, kegiatan ekstra kurikuler, kenyamanan santri, guru, wali santri serta orang-orang yang tinggal di lingkungan pesantren, maka Pondok Pesantren Ulumuddin Susukan dilengkapi fasilitas sebagai berikut

  1. Fasilitas Ibadah

Masjid Utama sebagai sentral kegiatan santri, guru, wali santri serta orang-orang yang tinggal di lingkungan pesantren. Masjid Pusaka sebagai cikal bakal masjid utama dan digunakan untuk kegiatan pengajian majlis ta’lim masyarakat sekitar dan tempat pertemuan santri yang berkenaan dengan ibadah.

  •  Fasilitas Sekolah

Ruang kelas yang nyaman sehingga bisa menghadirkan milliu belajar yang kondusif.

  • Perpustakaan yang di isi dengan kitab-kitab turats berbahasa arab dan Indonesia yang menunjang kebutuhan santri untuk memperluas wawasan keilmuan dan kearifan santri.
  • Laboratorium ; yang terdiri dari 2 unit Laboratorium Bahasa (Arab dan Inggris), 3 unit Laboratorium MIPA (Biologi, Fisika, Kimia), dan 3 unit Laboratorium Komputer.
  • Ruang Audio Visual ; yang dilengkapi dengan LCD proyektor dan ruangan kedap suara.
  • Ruang BK ; sebagai tempat Bimbingan dan Konseling terhadap berbagai permasalahan santri.
  • Ruang kepala sekolah, ruang guru dan ruang tata usaha sekolah.
  •  Fasilitas Asrama
  • Gedung asrama; yang terdiri dari 6 unit gedung asrama Putra dan 8 unit gedung asrama Putri. Masing-masing gedung terdiri antara 10 – 20 kamar
  • Kantin yang terletak tersebar di beberapa lokasi pesantren
  • Ruang makan ; masing-masing asrama terdapat ruang makan dan setiap santri wajib menjaga kebersihan dan ketertiban ruangan tersebut
  • Fasilitas Pendukung

Berbagai fasilitas pendukung antara lain ruang pertemuan, Gedung Olah Raga (GOR), dapur umum, Mini Market, koperasi, lapangan olah raga, tabungan santri serta taman-taman yang tersebar di sekitar lingkungan pesantren.